5 Strategi Digital Marketing bagi UMKM Pemula

Percaya atau tidak, memulai sebuah bisnis adalah sebuah langkah besar yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang hebat. Kenapa demikian? Karena dalam sebuah usaha, untung rugi sudah biasa terjadi, jadi setiap pebisnis pasti berani ambil resiko, ada banyak trial & error yang dilakukan, improvement di bagian-bagian yang masih kurang, dan masing banyak lagi. Belum lagi strategi pemasaran yang dilakukan harus efektif dan mampu menarik minat konsumen.

Itulah sebabnya, jika Anda ingin memulai sebuah bisnis, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Anda memerlukan strategi paling efektif bagi UMKM pemula untuk mendapatkan konsumen pertama Anda. Salah satu tren pemasaran bagi UMKM pemula yang tidak ada matinya adalah strategi digital marketing.

Join the team

Itulah sebabnya, jika Anda ingin memulai sebuah bisnis, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Anda memerlukan strategi paling efektif bagi UMKM pemula untuk mendapatkan konsumen pertama Anda. Salah satu tren pemasaran bagi UMKM pemula yang tidak ada matinya adalah strategi digital marketing.

Memang, industri teknologi merupakan tempat yang sangat kompleks, dan penuh dengan persaingan. Namun, jika Anda tidak memanfaatkan strategi pemasaran menggunakan bantuan inovasi di bidang teknologi (strategi digital marketing), Anda akan ketinggalan jauh dari para kompetitor Anda. Nah, bagi Anda pengusaha UMKM pemula, gunakan 5 strategi digital marketing di bawah ini untuk mendongkrak penjualan dan memperbanyak pengunjung di web dan social media yang Anda miliki.

01. Update dan Perbaharui Konten Anda

Cobalah untuk membuat konten yang memiliki sifat “evergreen”. Artinya, konten tersebut tidak ada matinya dan tidak akan pernah menurunkan jumlah pengunjung dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan konten yang “evergreen”, diharapkan produk Anda akan terus kebanjiran order sehingga Anda tidak akan memerlukan niche market yang baru lagi.

Jika Anda ingin menyelenggarakan campaign yang sifatnya musiman, Anda dapat membuat konten yang tidak basi dan memiliki manfaat berkelanjutan sehingga menghemat waktu dan biaya untuk membuat ulang konten baru setiap tahunnya.

Pastikan juga bahwa elemen-elemen dalam konten tersebut merupakan strategi paling efektif bagi UMKM pemula untuk mendapatkan konsumen, sehingga promosi atau kampanye musiman yang Anda lakukan mampu membangun pengakuan branding Anda bagi konsumen.

02. Buat Giveaway

Siapa yang tidak tertarik untuk mendapatkan hadiah secara Cuma-cuma? Meskipun ada di antara para konsumen, pasti jumlahnya sedikit. Karena sifat utama konsumen adalah ingin membeli barang, tentu saja mereka akan dengan senang hati untuk mendapatkan hadiah dan ikut program giveaway dengan sedikit usaha.

Menjalankan sebuah program giveaway dapat menjadi strategi paling efektif bagi UMKM pemula untuk mendapatkan konsumen. Selanjutnya, inilah yang akan mendorong pengunjung dan para konsumen untuk mengunjungi situs website yang Anda miliki untuk melihat rincian peraturan giveaway. Akhirnya, tujuan Anda menawarkan produk-produk di web juga memiliki kemungkinan dilihat lebih besar oleh para pengunjung dan konsumen Anda.


03. Manfaatkan Popup pada Window

Anda perlu membuat popup-popup yang kreatif dan menarik di situs website Anda. Ini adalah sebuah strategi paling efektif bagi UMKM pemula untuk mendapatkan konsumen dan memastikan para pengunjung web Anda tidak pergi sebelum mereka meninggalkan info kontak yang mereka miliki. Kabar baiknya adalah, memanfaatkan popup-popup yang menarik dan kreatif dapat memprospek pengunjung website Anda menjadi calon konsumen tetap Anda.


04. Teruslah Meningkatkan Visibilitas Anda

Saat ini, ada sekitar 2,5 Milyar lebih orang yang menggunakan sosial media. Dari jumlah tersebut, diperkirakan angkanya akan terus mengalami kenaikan menjadi 3 Milyar dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

Dengan kata lain, orang-orang yang tidak memiliki social media seperti Instagram, Facebook, Twitter, WeChat, Line, dan lain-lain untuk akun resmi perusahaan Anda akan kehilangan kesempatan melihat produk-produk Anda. Tidakkah Anda ingin mengambil peluang emas ini?

Kabar baiknya adalah, kini telah hadir EndorsMe, sebuah aplikasi mobile untuk membantu bisnis UMKM Anda berkembang dengan pesat. Endorsme bekerja dengan cara memanfaatkan social media selain website sebagai strategi paling efektif bagi UMKM pemula untuk mendapatkan konsumen.

Misalnya saja, Anda dapat membuat iklan dan promo-promo menarik yang secara terus-menerus akan diviralkan oleh pengguna sosial media dan disebarkan ke teman, saudara, sahabat, kerabat, dan orang-orang terdekat mereka.


05. Bergeraklah dengan Menggunakan Data

Di dunia digital marketing, semuanya bergerak dan dilakukan berdasarkan data. Ada berbagai data analisis yang bisa Anda temukan secara online seperti Google Analytics yang akan sangat membantu Anda dalam memproses update informasi terbaru mengenai data dan history terbaru untuk memastikan Anda mendapatkan pengunjung maksimum dari kampanye bisnis yang Anda lakukan.

Lewat Google Analytics, Anda juga dapat mengetahui kelemahan-kelemahan campaign Anda untuk dapat terus mengupgrade dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Tidak ada masalah, apapun status Anda saat ini. Apakah Anda seorang UMKM pemula yang baru saja merintis sebuah bisnis, Anda sudah berada di setengah jalan, ataupun Anda sudah master dalam dunia bisnis UMKM, Anda tetap dapat menerapkan 5 strategi paling efektif bagi UMKM pemula untuk mendapatkan konsumen di atas, kapanpun saat diperlukan.

Ingat, hanya dengan strategi digital marketing yang baik, Anda dapat membawa bisnis UMKM Anda pada kesuksesan dan sangat mungkin untuk membawa bisnis Anda go International dan lebih dikenal dunia.

EndorsMe adalah platform digital marketing untuk membantu Brand / bisnis tersebar viral, meningkatkan kunjungan dan Brand awareness secara digital melalui ribuan pengguna yang telah terverifikasi sebagai Endorser-mu.
Office

Indonesia —
Jl. Griya Agung M3/28 Sunter Agung  
Jakarta, 14350