5 Tren Digital Marketing 2020 Ini, Mana yang Paling Baik untuk Perusahaan?

Seorang marketer dikatakan telah sukses dalam pekerjaannya, ketika ia mampu membangun pengalaman para konsumen yang hebat dalam meningkatkan kesadaran akan sebuah merk. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dan telah terbukti paling efisien adalah dengan memanfaatkan peran media sosial.

Akan tetapi, dengan menggunakan platform baru, ada kebiasaan konsumsi yang berbeda, dan algoritma pun selalu berubah. Jadi, tidak mungkin Anda tetap berdiam diri terlalu lama. Tren digital marketing mengalami perubahan dari waktu ke waktu, sehingga mau tidak mau, seorang marketer harus terus bergerak mengikutinya.

Join the team

Jika Anda sedang membangun profil Instagram, Facebook, atau Youtube, maka pahamilah bagaimana lanskap media sosial dan beradaptasilah dengannya. Untuk bisa membantu Anda melakukan brainstorming dalam strategi digital marketing, Anda perlu tahu 5 tren digital marketing di tahun 2019, yaitu sebagai berikut.

01. Gunakan Live Video

Tren marketing 2019 paling kekinian yang akan kita bahas pertama adalah dengan menggunakan live video atau video langsung. Anda dapat memanfaatkan 3 platform sosial media yang sudah support dengan live video, yaitu Facebook, Instagram, dan YouTube. Jadikan ini sebagai kesempatan yang sempurna untuk memperkenalkan brand Anda secara real time dan terlibat dengan audiens.

Streaming video secara live juga dapat memberikan pengalaman otentik kepada para pengikut akun sosial media Anda dengan memberikan tampilan yang sebenarnya, tanpa filter ataupun rekayasa dari belakang layar.


02. Menghemat Anggaran yang Harus Dikeluarkan Perusahaan

Para pakar digital marketing telah meramalkan bahwa story dari Instagram ini akan bekerja secara kuat dan mengalami pertumbuhan lebih jauh di tahun 2020. Itu sebabnya, Anda perlu membuat Instagram stories semenarik mungkin sebagai tren marketing 2020 paling kekinian untuk menjangkau konsumen dan pengunjung organik lebih banyak ke akun sosial media Anda.

Usahakan saat membuat Instagram stories, Anda merekam video pada aplikasi, lalu unduh kembali melalui perangkat Anda. Setelah semua direkam, cek kembali setiap video sebelum Anda mempostingnya. Tujuannya adalah agar Anda dapat memeriksa setiap kualitas rekaman dan mengunggah rekaman video secara bersama-sama agar pengikut Anda tidak merasa kebingungan dengan kisah dalam video yang tidak berurutan atau tidak berjalan dengan baik.


03. Bangun Grup Facebook Rahasia

Ada 3 grup Facebook yang kita kenal saat ini, yaitu Grup Facebook Terbuka, Rahasia, dan Tertutup. Perbedaannya adalah, ketika Anda bergabung dalam Grup Facebook Tertutup, permintaan Anda harus disetujui terlebih dahulu oleh administrator, atau Anda diundang oleh salah satu member di Grup Facebook tertutup tadi.

Sedangkan pada Grup Facebook Rahasia, Anda hanya dapat bergabung menjadi member grup jika diundang oleh pemilik Grup Facebook Rahasia tersebut. Grup Facebook Rahasia ini biasanya digunakan oleh pebisnis sebagai bentuk penghargaan atas kesetiaan para konsumen kepada produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Apresiasi ini bisa berupa pemberian preview secara eksklusif kepada konsumen, kode diskon dan promosi-promosi yang relevan dan menarik, serta pemberian respon langsung berupa jawaban dari pertanyaan para konsumen atau umpan balik.


04. Gunakan Aplikasi Messenger

Aplikasi messenger adalah tren marketing 2019 paling kekinian yang digunakan untuk membangun hubungan baik dan sarana berkomunikasi antara pebisnis dengan pelanggan.

Cobalah untuk mengumpulkan sebanyak mungkin nomor kontak dari pelanggan Anda, kemudian gunakan nomor kontak tersebut untuk membuat grup chat agar mereka selalu mendapatkan update informasi terbaru mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan secara langsung melalui aplikasi chat yang mereka miliki.


05. Konten Review yang Dibuat oleh Pengguna

Tren marketing 2019 paling kekinian terakhir yang akan kita bahas adalah tentang konten review buatan pengguna. Di tahun 2018, konten review yang dibuat oleh pengguna telah berhasil mendapatkan 28% pengunjung lebih tinggi daripada konten standar lainnya.

Saat ada seorang calon pengguna yang sedang mencari informasi mengenai produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan, maka secara otomatis mereka akan browsing melalui halaman pencarian dan menemukan ulasan atau review dari pengguna lain.

Dikatakan oleh website Social Media Today bahwa 48% profesional marketing percaya bahwa konten review yang dibuat oleh pengguna bisa membantu para pelanggan untuk meningkatkan penjualan mereka. Dari sini bisa disimpulkan bahwa jika iklan Anda dipromosikan oleh orang lain, kemudian disebarkan kepada orang terdekat mereka seperti saudara, keluarga, sahabat, kerabat, dan teman dekatnya, maka kemungkinan brand Anda dipercaya pun lebih besar.




Nah, cara inilah yang coba diangkat oleh EndorsMe. Sebuah aplikasi mobile promosi pertama di Indonesia yang sengaja hadir untuk memberikan manfaat terbaik bagi brand Anda.

EndorsMe akan mengiklankan langsung brand Anda di HP pengguna yang kemudian direkomendasikan ke orang-orang terdekat mereka melalui sosial media seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya sehingga pemasaran digital produk Anda dapat lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran.

Dari kelima tren marketing 2020 paling kekinian di atas, masing-masing tentu memiliki kelebihan jika diterapkan pada produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Akan lebih baik jika Anda terapkan semuanya. Namun, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan cara memilih beberapa tren yang sesuai dengan konsep bisnis Anda. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

EndorsMe adalah platform digital marketing untuk membantu Brand / bisnis tersebar viral, meningkatkan kunjungan dan Brand awareness secara digital melalui ribuan pengguna yang telah terverifikasi sebagai Endorser-mu.
Office

Indonesia —
Jl. Griya Agung M3/28 Sunter Agung  
Jakarta, 14350