Tips Sukses Mengembangkan Strategi Digital Marketing untuk UMKM

Jika Anda ingin terjun dan menekuni sebuah bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), maka faktor inovasi yang didukung oleh perkembangan teknologi sangat mutlak diperlukan untuk menumbuhkembangkan bisnis Anda. Ketika bisnis Anda berada pada tahap pengembangan, inovasi diperlukan untuk mendorong brand bisnis Anda agar lebih cepat dikenal oleh calon konsumen.

Ketika bisnis Anda sudah mulai berjalan stabil dalam skala yang lebih besar, inovasi tetap diperlukan menjaga dan mengatur agar bisnis Anda terus maju ke depan. Salah satu pengaplikasian inovasi dalam bidang teknologi adalah dengan cara mengembangkan strategi digital marketing untuk UMKM.
Join the team
Artikel Terkait

Masalahnya, cara mengembangkan strategi digital marketing untuk UMKM tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak kendala yang ditemui sepanjang perjalanan bisnis Anda baik faktor internal perusahaan, maupun dari faktor eksternal. Mulai dari persaingan kompetitor, harga bahan baku yang terus naik dari waktu ke waktu, sampai dengan para karyawan yang tidak kompeten, dan masih banyak lagi.

Cara mengembangkan strategi digital marketing untuk UMKM yang paling aman adalah dengan mengetahui bagaimana tips terbaik untuk mensukseskannya. Dilansir dari Liputan6.com https://m.liputan6.com/lifestyle/read/2514801/3-tips-sukses-terapkan-digital-marketing-untuk-umkm , Irwan Suryadi, general marketing dari Ralali.com mengatakan bahwa ada 3 tips sukses dalam mengembangkan strategi digital marketing bagi UMKM, antara lain :

01. Memiliki Tujuan yang Jelas

Hal pertama yang harus benar-benar Anda perhatikan agar strategi pemasaran online Anda dapat berjalan lancar adalah kejelasan tujuan Anda. Jika perlu, buatlah list atau daftar tujuan Anda mengembangkan strategi digital marketing yang ingin Anda raih.

Apakah itu untuk promosi dan pemasaran, agar cakupan konsumen yang Anda miliki menjadi lebih luas? Apakah untuk memperkenalkan produk baru Anda launching? Atau apakah Anda ingin mendapatkan pengunjung lebih banyak selama periode tertentu?

Dengan menjawab beberapa pertanyaan di atas secara jelas, Anda akan mampu menentukan strategi digital marketing yang terbaik untuk mencapai tujuan yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.

02. Membangun Konten yang Unik, Menggunakan SEO, dan Disukai oleh Konsumen

Langkah selanjutnya adalah dengan membangun konten. Anda perlu tahu, bahwa dalam dunia internet, konten adalah raja. Itu sebabnya, hanya konten yang unik, up to date, dan menarik saja yang cenderung oleh konsumen Anda. Anda juga perlu membuat konten dilihat dari segi manfaat yang didapatkan oleh konsumen ketika mereka membaca konten Anda.

Buat konsumen merasa butuh dengan menggali emosional mereka. Buat mereka berpikir bahwa dengan membaca konten Anda, masalah mereka menjadi terselesaikan. Jika perlu, gunakanlah fitur atau produk yang Anda miliki dalam konten, dengan terlebih dahulu menyebutkan masalah mereka, sehingga mereka akan merasa bahwa produk, fitur, atau servis Anda adalah solusi terbaik bagi mereka.

Jangan lupa untuk mengupdate konten pada situs Anda secara berkala. Kemudian, gunakan Search Engine Optimization (SEO) sebagai Cara mengembangkan strategi digital marketing untuk UMKM paling efektif agar konten Anda tetap bertahan di halaman 1 pencarian Google. Anda juga dapat menambahkan video atau gambar, terkait dengan materi promosi produk/servis yang ingin Anda tawarkan. Ini karena gambar dan video selalu mampu menarik pengunjung lebih banyak, jika dibandingkan mereka hanya melihat huruf semata.

03. Memanfaatkan Marketplace Online

Tips sukses terakhir menurut Irwan Suryadi sebagai cara mengembangkan strategi digital marketing untuk UMKM adalah dengan memanfaatkan adanya marketplace online, selain menggunakan media sosial dan situs website.

Melalui platform online milik pihak ketiga ini, produk/servis Anda diharapkan dapat diperkenalkan kepada calon pembeli dan dijual secara langsung tanpa repot membuat situs website yang tentunya memakan lebih banyak biaya. Di Indonesia sendiri, keberadaan marketplace online sudah sangat dikenal dan menjamur sehingga dapat Anda sesuaikan dengan produk/servis yang Anda tawarkan.

Menariknya, jika dilihat dari segi penjualan, marketplace online mampu mengalahkan omset penjualan toko fisik. Bahkan, ada beberapa mall besar yang terpaksa gulung tikar karena keberadaan marketplace online tersebut.

Ketiga tips di atas adalah cara mengembangkan strategi digital marketing untuk UMKM paling ampuh menurut Irwan Suryadi. Anda bisa mulai menerapkannya pada bisnis yang sedang Anda jalani sekarang.

Ingin promosi online Anda berhasil lebih cepat dalam waktu singkat, dan mampu meningkatkan trafik penjualan Anda dari waktu ke waktu? EndorsMe jawabannya.

EndorsMe adalah mobile aplikasi digital marketing pertama di Indonesia yang membantu bisnis / brand Anda tersebar dan langsung viral di social media.

EndorsMe adalah platform digital marketing untuk membantu Brand / bisnis tersebar viral, meningkatkan kunjungan dan Brand awareness secara digital melalui ribuan pengguna yang telah terverifikasi sebagai Endorser-mu.
Office

Indonesia —
Jl. Griya Agung M3/28 Sunter Agung  
Jakarta, 14350